Facebook Blog Beriman

Tatanan Meja Makan Sambut Lebaran

Penataan meja makan sebenarnya dapat dipelajari tanpa melalui sekolah khusus/kursus, asalkan kita mengikuti pedoman penataan meja dari buku etiket atau cara menyajikan hidangan. Selain itu, diperlukan keberanian mencoba dan kecermatan dalam memilih dinnerset atau perangkat makan yang sesuai dengan situasi dan kondisi kita.
http://sentinelcore.files.wordpress.com/2008/09/maem.jpg

Dalam menata meja makan diperlukan keharmonisan antara taplak, perangkat mau pun warnanya. Detail-detail kecil yang tampak sepele seringkali diabaikan atau luput dari pehatian, padahal detail ini dapat mempengaruhi penampilan perangkat makan yang kita tata. Misalnya, lipatan taplak yang belum diseterika, sidik jari yang menempel pada gelas kaca, penggunaan serbet kertas pada hari lebaran, penggunaan sendok-garpu, perak yang berwarna kehitaman, dan sebagainya. Dari hal-hal yang kecil ini orang dapat menilai sampai dimana penguasaan nyonya rumah mengenai tata cara menata meja

Penataan meja makan pada saat lebaran sebenarnya berpatokan pada hal-hal yang praktis. apabila main course atau hidangan utama pada saat lebaran banyak jenisnya berarti banyak juga memerlukan sendok, garpu, gelas, dan pisau. Peletakan harus lebih diperhatikan, juga fungsi perangkat makan. Teko diletakkan menghadap ke kiri agar mudah dijangkau tangan untuk kemudian dituang isinya. Di dalam menata meja janganlah berpikir bahwa dinnerset harus seragam, apalagi bila jumlah tamu melebihi jumlah satu set perangkat makan. Cobalah menggabungkan set sekaligus dengan memperhitungkan keserasiannya.
http://farm4.static.flickr.com/3135/2904122557_2fd1eb2693.jpg?v=0

Wadah ketupat yang murah harganya seperti wadah yang terbuat dari rotan, bambu, dan kayu. Perangkat itu dapat tampil menarik bila dikombinasikan dengan wadah/perangkat makan dari keramik. Bunga-bunga yang kita petik dari taman sendiri sesaat sebelum tamu datang dapat dirangkai sendiri. Hasilnya akan lebih alami dan dapat memeriahkan suasana lebaran tanpa mengeluarkan biaya khusus memesan karangan bunga. itulah peranan finishing touch penataan meja. banyak ide bemunculan spontan pada saat terakhir ketika kita mengamati letak perangkat makan dan hidangan dari berbagai arah.

Ketenangan diri amat diperlukan untuk dapat menampilkan suatu kehamonisan dalam penataan. Para tamu pun kelak pulang dengan membawa kesan yang baik dan menyenangkan. semoga bermanfaat,kurang lebih mohon maaf assalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh

1 Response to "Tatanan Meja Makan Sambut Lebaran"

  1. eka says:

    enak banget tuh makannya ya???

Posting Komentar