Facebook Blog Beriman

Perlunya Etika

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia melakukan berbagai macam kehidupan, aktivitas, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tentu saja, dalam melakukan kegiatan dan aktivitas itu diperlukan etika yang menyangkut kepentingan hidup dengan lebih tertib.

Seperti halnya orang melakukan makan, minum, tidur, berjalan, dan bahkan melakukan perbuatan kecil sekalipun, diperlukan etika. Bila tidak, keadaan bisa jadi kacau.

Coba saja bayangkan maksud dari etika itu sendiri, merupakan tata aturan bagi setiap manusia perindividu. Nah, kalau kehidupan manusia ini tidak disertai dengan etika, jadi apa dunia ini. Maka dari itu, orang yang tidak mempunyai etika dalam hidup nya, disebut yang tidak bermoral sama sekali.

Bagi para remaja, etika diperlukan dalam pergaulan sehari-hari. Misalnya, kita mesti tahu bagaimana cara bersikap dan berperilaku terhadap teman, orang tua, guru, dan lain sebagainya. Apakah kita ini termasuk orang yang bisa dengan cepat menyesuaikan diri, mempunyai sopan santun, atau kita termasuk orang yang suka membuat onar dan bertingkah laku seenaknya saja? Hingga terkenal menjadi para remaja yang membuat ricuh lingkungan?

Nah, untuk menghilangkan asumsi yang kurang baik, alangkah baiknya bila masalah etika ini mendapat perhatian disamping kita harus lebih meningkatkan lagi kreativitas. Tentu saja kreativitas ini juga harus sesuai dengan etika yang berlaku.

Jadi, jangan samapai masalah etika ini di anggap sebagai suatu aturan yang mengikat kita, semuanya untuk ketentraman, keamanan hidup bersama. Sama sekali bukan merupakan siksaan. Perlu diketahui, bahwa semua aturan itu adalah suatu kewajiban tak tertulis yang besar manfaatnya bagi pengalaman hidup kita selanjutnya.

6 Response to "Perlunya Etika"

  1. google says:

    ibu hebat ini tulisan bermotivasi

    Anonim says:

    etika memang perlu ya bu...

    Anonim says:

    ini ibu hebat

    Anonim says:

    saya juga mau begitu

    Anonim says:

    artile disini kok hebat banget ya

    Anonim says:

    salut nih tulisan bagus semua ya

Posting Komentar