Facebook Blog Beriman

Apakah Pemahaman Kita tentang arti bersyukur sudah merasuk dalam jiwa kita???

Untuk memahami bersyukur bayangkan lah ilustrasi berikut ini :

Ada 2 orang wanita, katakanlah yang seorang bernama jahanim dan yang seorang lagi bernama sholeha. Mereka meninta pertolongan untuk dicarikan jodoh. Kebetulan kita punya teman baik yang bekerja di beberapa perusahaan, singkat cerita, berkat "perjuangan" dari kita maka akhirnya jahanim dan sholeha berhasil di terima sebagai seorang istri dari teman baik kita itu. Meskipun sudah kita tolong, namun jahanim tidak menunjukan rasa terima kasinya sedikitpun kepada kita (mungkin karna ia menganggap pertolongan kita itu bukan suatu istimewa). Kemudian hari bahkan kita menerima complain dari teman kita itu si jahanim sering melakukan perbuatan tercela yang merugikan suaminya. Lain halnya dengan si sholeha itu berkali-kali menyatakan rasa terima kasinya kepada kita (bahkan sampai berurai air mata). Kemudian hari kita pun mendapat laporan dari teman kita yaitu suami si sholeha, bahwa ia beruntung sekali mendapat istri seperti sholeha, orangnya rajin, sholeha, tulus dalam menjalankan rumah tangga (bahkan akhinya di julukin istri teladan). Bila akhirnya jahanim di cerai oleh suaminya. Niscaya kita tidak mau lagi menjodohkan dia kepada laki-laki manapun. Tetapi sebaliknya, bila si sholeha kehilangan suami karena suaminya meninggal, maka tentu kita akan berusaha mencarikan jodoh lain untuknya. Bahkan kalau ada laki-laki yang lebih baik, maka tentu kita bantu agar si sholeha mendapatkan suami yang lebih baik lagi.

Dari ilustrasi ini dapat ditarik kesimpulkan umum bahwa, bila "si pemberi nikmat" dibuat kecewa oleh tindakan kita, maka tentu ia tidak mau menolong atau memberi sesuatu lagi kepada kita.

Sekarang, marilah kita intropeksi untuk menghitung-hitung berapa banyak nikmat yang telah diberikan Allah selama ini. Barapa banyak nikmat Allah yang diberikan kepada kita tapi tidak di berikan kepada orang lain. Apakah ada dari pemberian manusia yang melebihi nikmat yang diberikan oleh Allah? Hati-hatilah, jangan sampai anda termaksuk orang yang dimaksud dalam firman-Nya:

######################################################################
### Dan sesungguhnya Allah itu tidak menyukai orang-orang ###
### yang berkhianat dan tidak berterima kasih. Al hajj 38 ###
######################################################################

Hj. Nini Riswa

1 Response to "Apakah Pemahaman Kita tentang arti bersyukur sudah merasuk dalam jiwa kita???"

  1. nurdiha says:

    Salam
    Analogi yg sgt tepat dan mudah difahami
    Astaghfirullah al azim takut andai jatuh ke tempat org seperti ayat di atas

Posting Komentar